Senin, 01 Desember 2014

Resensi Buku

    Identitas buku

Judul buku                  : Perencanaan Sebagai Fungsi Manajemen
Penulis                         : Drs A.W Widjaya
Penerbit                       : PT Bina Aksara
Cetakan                       : Pertama
Jumlah halaman           : 90 halaman
Tahun terbit                 : Agustus 1987

2       Isi yang penting atau menarik

Perencanaan merupakan suatu proses kegiatan untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Perencanaan sebagai penentu langkah-langkah “apa” yang akan dilakukan, “bagaimana” cara melakukannya, “bilamana” dan “siapa” yang akan melakukannya supaya tujuan yang telah ditetapkan dapat tercapai secara efektif dan efisien. Akan memiliki resiko yang tinggi jika suatu organisasi tidak melakukan perencanaan, dan akan menjumpai gangguan serta kegagalan yang dihadapi semakin tinggi didapatkan. Maka ada pepatah yang mengucapkan “Everything won’t go as smooth as planned” semua tidak akan berjalan selancar yang telah direncanakan.

3       Bahasa pengarang

Bahasa pengaranag dalam buku ini menggunakan bahasa komunikatif, cukup jelas, cukup gamblang dan mudah dipahami. Sehingga apa yang ingin disampaikan penulis dapat tersampaikan dengan baik.

      Keunggulan

Keunggulan dari buku ini yaitu pembahasan perencanaan dijelaskan sangta gamblang mulai dari perencanaan dalam orgganisasi, pembahsan perencanaan itu sendiri, teori dan penyusunan perencanaan.

      Kelemahan

Kelemahan dalam buku ini yaitu tidak dicantumkan contoh kasus nyata perencanaan yang dilakukan suatu organisasi, sehingga para pemula masih diawali kebingungan untuk memulai perencanaan tanpa ada contoh kasus.

6       Kesimpulan

Buku ini layak dibaca, karena didalamnya memberikan pemahaman sangat luas tentang perencanaan, khususnya bagi pemula pelaku kegiatan perencanaan. Buku ini juga memberikan informasi dan pengetahuan tentang suatu perencanaan sehingga membantu pembaca dalam menjalankan organisasi yang sedang atau telah dilakukan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar